Monday, May 16, 2011

HOME » , , » Jiwa Tangguh (Self Concept)

Jiwa Tangguh (Self Concept)

Jiwa Tangguh - Konsep Diri
Berjiwa
Jiwa Tangguh (Self Concept). Ketika kita mencoba mengenal siapa diri kita secara lebih utuh maka kita harus melihat self concept kita. Diri kita memiliki 3 bagian self ideal : diri kita yang paling sempurna, yang diberikan kelebihan oleh Allah sekaligus kekurangan. Kita bisa berbuat apa saja yang kadang-kadang orang tidak menyangka kita bisa. Kita harus menghapus dan menghancurkan Self limiting dalam diri kita, yaitu kepercayaan yang selalu membatasi diri kita untuk berbuat. Self image yaitu citra diri sebagai akibat realita yang kita lakukan. Banyak orang yang mengalami kegagalan namun dengan kegagalan itu dia tidak mau bangkit lagi karena merasa telah tidak mampu. Self esteem adalah perasaan sejauh mana kita punya kebanggaan diri, sejauh mana kita menyenangi diri kita, apa yang kita punyai. Self esteem ini sangat dipengaruhi oleh self ideal dan self image. Seperti apa orang membangun self esteem? (gambaran orang-orang cacat meraih prestasi). Segalanya adalah mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin. Bayangkan Kalau Allah memberikan lebih lengkap dari mereka seharusnya kita lebih baik.

Segala yang anda ketahui tentang diri anda, apapun yang anda percayai, dan semua apa yang telah terjadi pada hidup anda telah terekam dalam mental hard-drive kepribadian diri anda, yaitu di dalam self-concept. Self-concept mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektivitas semua tindakan  dan prilaku. Tingkah laku nyata akan selalu konsisten dengan self-concept yang terdapat di dalam diri .  Oleh karena itu, perbaikan di segala bidang kehidupan harus dimulai dari perbaikan di dalam self concept, sehingga nantinya akan mampu menciptakan dalam konsep diri sehingga terbangunnya jiwa tangguh. Barang siapa yang berada dimedan magnet positif maka dia akan positif, sebaliknya barangsiapa berada di tengah-tengah medan negative maka dia akan negative. Kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka kita akan menjadi wangi, kalau kita bergaul dengan tukang pandai besi maka kita akan terkena apinya.

Satu-satunya yang membatasi kita adalah pasrah karena ketidakmampuan kita. Berfikirlah bahwa segalanya mungkin, mungkin, dan mungkin. Membangun Jiwa Tangguh itu adalah “NYALIKU”. Orang yang punya nyali biasanya dari segi intelektual tidak terlalu pinter, dan orang yang tidak bernyali biasanya terlalu pinter sehingga banyak pertimbangan yang akhirnya menggagalkan.

NyAliKu
N”iat dan impian yang kuat
Y”akin dan percaya diri, harus memberangus negative thingking
A”kal yang kreatif dan inovatif
L”uaskan jaringan shilaturrohim
I”nvestasi yang cukup karena modal yang paling utama adalah keberanian dan akal
Ku”asai ikhwal bisnis dengan baik

Tingkatkan keyakinan anda dengan: apa-apa yang ada dalam cita akan tercipta, Yakin Usaha Sampai. Sadari kita punya potensi luar biasa yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semua perlu proses. Apapun yang kita lakukan pertama kali pasti mengalami kesulitan, ingatlah ketika kita masih kecil dulu belajar berjalan. Kita belajar berjalan sering kita terjatuh, putus asakah kita ? ketika kita masih kecil tidak ada konsep putus asa…dan malu, sehingga kita terus mencoba dan mencoba.. tapi kenapa kita besar menjadi mudah putus asa dan malu..? mengapa kita ragu dan malu dalam kehidupan sehari-hari kita, mengapa kita putus asa dalam beroganisasi. Self Concept dalam membentuk Jiwa Tangguh dalam ranah Etis dan organisatoris bisa dibangun dari dalam jiwa dan diri orang itu sendiri.



Artikel Terkait LAH:

0 comments:

Post a Comment

Salam Ukhuwah, setelah baca tulisan Insan Cita Kom. LAH jangan lupa tinggal jejak dengan berkomentar di bawah ini yah kawan. YAKISA, Yakin Usaha Sampai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...