Tuesday, September 25, 2012

HOME » , , » LK Perdana Komisariat Nurcholish Madjid

LK Perdana Komisariat Nurcholish Madjid


Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Nurcholish Madjid yang merupakan hasil pemerkaran dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al-Hakim setelah beberapa bulan yang lalu disahkan oleh Pengurus Cabang menjadi salah satu Komisariat yang bernaung di dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo pada akhir bulan September 2012 telah sukses menyelenggarakan Basic Training Latihan Kader I (LK I) untuk yang pertama kalinya.
Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid diselenggarakan mulai hari Kamis-Minggu, tanggal 20-23 September 2012 yang bertempat di Wisma Baderan Klaten. Peserta yang mengikuti Basic Training Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid seluruhnya adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Pada awalnya mahasiswa yang mendaftar sebanyak ± 60 orang, namun setelah beberapa proses penyaringan melalui screening basic training yang dilakukan oleh SC dan Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo masiswa yang berhak mengikuti pentrainingan sebanyak 48 orang.
Pembukaan Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid dilaksanakan pada hari Kamis malam, adapun perwakilan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo yang membuka acara pentrainingan tersebut adalah Pj Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo sendiri yakn Kanda Hima Suyudho. Dalam acara pembukaan Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid juga hadir tamu undangan dan beberapa jajaran pengurus Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se-Sukoharjo yakni Komisariat Walisongo, Komisariat Luqman Al-Hakim dan tentunya Komisariat Nurcholish Madjid selaku penyelenggara pentrainingan turut hadir. Adapun perwakilan dari komisariat Ahmad Dahlan I, Komisariat Ahmad Dahlan II dan Komisariat Umar bin Khattab Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhalangan hadir dalam momen pembukaan training yang sarat akan sejarah tersebut.
Dalam perjalanan proses pentrainingan Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid peserta disajikan beberapa materi pentrainingan yang meliputi materi; Sejarah Perjuangan HMI, Konstitusi, Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Mission HMI, Organisasi Managemen dan Kepemimpinan serta materi penunjang lainnya seperti halnya materi Filasafat, pengantar ilmu hukum, analisa sosial dan lain sebagainya. Penyampaian dari materi tersebut tidak hanya dengan ceramah saja, akan tetapi dengan beberapa metode lainnya seperti diskusi, penugasan, dialog tanya jawab, pendemontrasian dan studi kasus. Pemandu untuk menghilangkan kepenatan dan kebosanan peserta, seringkali pemandu memberikan game permainan (ice breaking) disela-sela atau kadang diawal ataupun akhir session dengan demikian pentrainingan bisa berjalan dengan baik dan SERSAN (serius tapi santai). Game yang dikemas dalam bentuk permainan selain diadakan di dalam ruangan session, juga dilakukan di out door. Dengan demikian perserta selama proses pentrainingan Latihan Kader I (LK I), peserta akan tetap menikmati proses dan variasi suasana media in door maupun out door.
Pada hari terakhir setelah semua materi disampaikan oleh pemateri Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid, sebagai hasil tolak ukur pencapaian optimalisasi pentrainingan Latihan Kader I (LK I) Perdana Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid peserta diberikan tugas yakni Post Test yang muatan testnya tentang semua materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Dalam Post Test tersebut, peserta harus menjawab beberapa pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda dan isian.
 Dari hasil evaluasi dan penilain peserta selama proses pentrainingan dan post test yang dilakukan oleh beberapa SC dan Pemandu Latihan Kader I HMI Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid dari peserta yang berhak  mengikuti proses pentrainingan Latihan Kader I (LK I) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid sebanyak 48 orang, 8 (Delapan) orang dinyatakan Tidak Lulus dan 40 (empat puluh) orang dinyatakan Lulus baik itu Lulus Murni dan Lulus Bersyarat.
Dari peserta sebanyak yang dinyatakan lulus sebanyak 40 orang pada malam terakhir langsung diambil sumpah janji keanggotaan sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Islam. Sumpah Janji keanggotaan dilakukan langsung oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo bidang Pembinaan Aparat Organisasi yakni Kakanda Nulat Prayogi. Pada Saat pengambilan Sumpah Janji Keanggotaan, forum terasa hening dan hikmad. Suara yang terdengar hanya suara 40 Peserta yang telah dinyatakan lulus tersebut yang menirukan sumpah janji dari Kanda Nulat Prayogi selaku Ketua Bidang Pembinaan Aparat Organisasi (PAO) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo.
Dalam sambutan Kanda Burhanudin Harahap menyampaikan bahwa perjuangan bagi kader yang baru dilantik, baru saja dimulai. Beliau berpesan kepada kader yang baru dilantik tersebut bahwa berjuanglah semata-mata untuk Yang Maha Benar (Allah SWT) dan hidupilah organisasi (HMI), jangan pernah mencari hidup di organisasi (HMI) niscaya nanti dengan sendirinya HMI akan menghidupkanmu.
Acara pamungkas Latihan Kader I (LK I) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo Komisariat Nurcholish Madjid adalah penutupan yang ditutup oleh kanda Hima Suyudho selaku perwakilan dari Pengurus Cabang.


Artikel Terkait LAH:

0 comments:

Post a Comment

Salam Ukhuwah, setelah baca tulisan Insan Cita Kom. LAH jangan lupa tinggal jejak dengan berkomentar di bawah ini yah kawan. YAKISA, Yakin Usaha Sampai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...