Friday, May 20, 2011

HOME » , , » Sejarah HMI Cabang Sukoharjo

Sejarah HMI Cabang Sukoharjo

Himpunan Mahasiswa Islam merupakan suatu organisasi mahasiswa (Ormah) yang mempunyai tujuan Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan Bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridloi Allah SWT. HMI sebagai organisasi mahasiswa yang berasazkan Islam  dengan berpegang teguh pada Qur'an dan Hadits, HMI berfungsi sebagai organisasi kader yang berperan sebagai panji-panji penerus cita-cita dalam mewujudkan tujuan organisasi (Pasal 4 Anggaran Dasar Himpunan Mahassiswa Islam).

Himpunan Mahasiswa Islam mempunyai tujuan awal membentuk komitmen kebangsaan dan keislaman guna mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Menegakan Syari'at Islam. Sebagaimana yang diharapkan Lafran Pane beserta kawan-kawan terdahulu untuk menyokong berdiri tegaknya Republik Indonesia dari agresi Belanda (penjajah 3,5 Abad) dan jihad fi sabilillah. Beliau-beliau melihat titik tumpu kemajuan bangsa Indonesia pada mahasiswa dan atau pelajar.

Kini, warisan ideal tersebut harus dipertahankan untuk menjamin kelanggengan kehidupan kebangsaan dan keumatan kita. Secara umum HMI dapat membuktikan tantangan itu. Enam puluh empat tahun (64 Thn)  sudah Himpunan Mahasiswa Islam yelah melewati masa perjuangannya, dan kini kita sebagai generasi saat ini harus senantiasa terus-meneruskan perjuangan organisasi.

Himpunan Mahasiswa Islam lahir di Jogjakarta, pada tanggal 5 Februari 1947 bertepatan pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366. Dengan melalui perjuangan yang panjang HMI tetap eksis hingga kini. Baca Selengkapnya Sejarah Perjuangan Himpunan Mahasiswa Islam.
   
Sejarah HMI Sukoharjo, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo didirikan pada tanggal 29 Juni 1999 melalui Musyawarah Cabang (Muscab) HMI Cabang Persiapan Sukoharjo yang dilaksanakan tanggal 29 Juni-5 Juli 1999 di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penyelenggaraan Muscab (Musyawarah Cabang) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Persiapan Sukoharjo ini merupakan salah satu hasil Ketetapan Konferensi Cabang (Konfercab) XXXVI HMI Cabang Surakarta pada tanggal 24-28 Februari 1999 di Kentingan Surakarta. Kemudian tiga bulan setelah Musyawah Cabang (Muscab), pada bulan Oktober tahun 1999, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo disahkan menjadi cabang penuh pada Pleno IV PB HMI pertengahan bulan Okteber 1999 di Puncak Bogor, hingga sampai saat ini Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo masih berstatus Cabang Penuh.

Visi dan misi HMI Cabang Sukoharjo tentunya sebagaimana visi dan misi HMI yang termaktub secara implisit di dalam Muqddimah Anggaran Dasar HMI, yaitu keislaman, kebangsaan, dan kemahasiswaan. Berangkat dari visi dan misi tersebut, ditujukan untuk mewujudkan tujuan Himpunan Mahasiswa Islam yang tertuang pada Bab III Pasal 4 Anggaran Dasar(AD), yakni; Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridloi Allah Subhanahu wa ta'ala. Supaya, terbentuk Kader Muslim Intelektual Profesional seperti yang dikonsepkan dalam Pedoman Perkaderan HMI.

Wilayah kerja HMI Cabang Sukoharjo adalah Sukoharjo sendiri, Klaten, dan Boyolali. Berkenaan dengan wilayah kerja tersebut, selama hampir 12 tahun usianya, HMI Cabang Sukoharjo baru akan bisa melebarkan sayapnya di Kampus UNIVET Sukoharjo dan perintisan di wilayah Boyolali. HMI Cabang Sukoharjo kini telah memiliki banyak alumni dan juga anggota yang terbagi dalam lima komisariat, tiga komisariat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yakni; Komisariat Ahmad Dahlan I, Ahmad Dahlan II, Umar Bin Khattab dan dua komisariat di STAIN Walisongo Surakarta (sekarang STAIN Surakarta dan dalam waktu dekat akan beralih menjadi IAIN Surakarta) yakni Komisariat Walisongo dan Luqman Al-Hakim. Sebenarnya pada awalnya HMI Suoharjo ditopang oleh 7 Komisariat (Salman Al-Farisi dan Psikologi Farmasi), dikarenakan ada beberapa hal dua komisariat tersebut dileburkan. Sehingga Cabang Sukoharjo saat ini sama persis pada saat awal berdirinya, yakni ditopang oleh 5 Komisariat Penuh.

Dalam Tahun ini diagendakan oleh kawan-kawan HMI Sukoharjo untuk kembali lagi menghidupkan dengan melebarkan sayapnya dengan pemekaran dan pendirian Komisariat Persiapan di Kampus UNIVET Sukoharjo. Begitupun pula saat ini dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al-Hakim periode sekarang pada tahun 2011 merinstis untuk pemekaran Komisariat Persiapan. Berangkat dari sejarah Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Luqman Al-Hakim, HMI Kom. LAH dalam perjalanannya hampir memasuki tahun ke-13 di bulan Desember tanggal 28 tahun 2011 mendatang. Sebagaimana telah menjadi rekomendasi dari kepengurusan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo  Komisariat Luqman Al-Hakim Periode 2009-2010 dalam Rapat Anggota Komisariat (RAK) VII, bahwa pengurus HMI pada periode saat ini harus mampu merealisasikan apa yang menjadi salah satu rekomendasi dari, bahwa Insan Cita LAH (Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Luqman Al-Hakim) tahun ini untuk melahirkan

Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Luqman Al-Hakim, sudah saatnya dimekarkan demi kelancaran dan efektifitas proses kaderisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo. Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al-Hakim ditilik dari beberapa aspek, salah satunya potensi kader/anggota di perguruan tinggi IAIN Surakarta saat ini sudah mampu dan tepat untuk diberikan  Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al-Hakim.kesempatan serta ruang gerak dalam proses kaderisasi. Lihat selengkapnya Sejarah Himpunan Mahasiswa





Documentasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo (Generasi Perdana)


Artikel Terkait LAH:

0 comments:

Post a Comment

Salam Ukhuwah, setelah baca tulisan Insan Cita Kom. LAH jangan lupa tinggal jejak dengan berkomentar di bawah ini yah kawan. YAKISA, Yakin Usaha Sampai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...