Tuesday, April 14, 2009

HOME » , , » FENOMENA KEUNIKAN ANAK

FENOMENA KEUNIKAN ANAK

Pada waktu dilahirkan, maka anak laki-laki pada umumnya lebih panjang dan lebih berat daripada anak perempuan. Selama tahun pertama panjang badan bertambah 1/3 bagian dan berat badan menjadi tiga kali berat semula. Proporsi badan berubah dengan cepat terutama pada bagian kedua tahun pertama. Kaki tumbuh dengan sangat cepat mulai 8 minggu, lebih cepat disbanding dengan pertumbuhan kepala. Kepala tumbuh relatif lebih lambat disbanding dengan pertumbuhan badan sebagai keseluruhan. Meskipun begitu, besar tengkorak serta bentuk tengkorak berubah dengan jelas. Perbandingannya adalah : pada waktu dilahirkan maka besar kepala adalah seperempat besar seluruh badan.
Pada waktu dilahirkan hanya sedikit anak yang sudah tumbuh giginya. Pada umumnya gigi pertama tumbuh pada usia ± 7 bulan, dan pada usia 12 bulan biasanya sudah tumbuh 6 gigi. Pengerasan tulang-tulang mulai dalam periode pra-natal dan berlangsung terus sampai masa remaja. Tulang anak yang masih muda lebih lentur, lebih reaktif, dan lebih mudah bengkok daripada tulang orang dewasa. Tetapi justru karena kelenturan ini tulang anak tidak mudah patah.

Pada tahun keempat anggota-anggota badan tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda. Umur kerangka (skelet) dapat dilihat dari pergeseran tulang pada tangan anak. Seorang anak dapat mempunyai umur kerangka 4 tahun sedangkan umur kronologisnya adalah 6 tahun.Proporsi badan dan jaringan urat daging dapat dikatakan tetap sampai kurang lebih tahun kelima. Sekitar tahun kelima mulailah apa yang disebut “Gestaltwandel”. Hal ini berarti bahwa anak yang sampai sekarang mempunyai kepala yang relatif besar dan anggota badan yang pendek akan mulai mempunyai proporsi badan yang seimbang. Anggota-anggota badannya menjadi lebih panjang, perutnya mengecil dan kepalanya disbanding dengan bagian-bagian badan yang lain mendapatkan proporsi yang normal. Semula jaringan-jaringan tulang dan urat daging lebih berkembang, menjadi lebih berat. Jaringan lemak bertambah lebih lambat. Selama tahun kelima nampak perkembangan jaringan urat daging secara cepat.

Sampai dengan Gestaltwandel pertama, sekitar 6 tahun terlihat bahwa pada badan anak bagian atas lebih lamban berkembangnya daripada badan bagian bawah. Anggota-anggota badan masih relatif pendek, kepala relatif besar, perutnya masih besar, dan ada gigi susu. Sesudah Gestalwander pertama bila anak sudah mencapai bentuk anak sekolah maka ia akan lebih menyerupai bentuk orang dewasa daripada misalnya anak umur 2 tahun. Bertambahnya berat badan sebagian besar nmerupakan akibat bertambahnya jaringan urat daging. Dalam keseluruhannya maka keadaan jasmani anak menjadi lebih stabil dan lebih kuat, disinilah letak dari fenomena keunikan anak.


Artikel Terkait LAH:

0 comments:

Post a Comment

Salam Ukhuwah, setelah baca tulisan Insan Cita Kom. LAH jangan lupa tinggal jejak dengan berkomentar di bawah ini yah kawan. YAKISA, Yakin Usaha Sampai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...