Saturday, April 4, 2009

HOME » , , , , » HMI KOM.LUQMAN AL-HAKIM: SEJARAH HMI

HMI KOM.LUQMAN AL-HAKIM: SEJARAH HMI

SEKILAS
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim

Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim akan memasuki usianya yang ke-sepuluh tahunnya, karena Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim didirikan pada tanggal 28 Desember 1998. Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim merupakan hasil pemekaran dari komisariat Walisongo pada tahun 1998.
Visi dan misi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim tentunya sebagaimana visi dan misi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang termaktub secara implisit di dalam muqodimah Anggaran Dasar (AD) HMI, yaitu ke-Islaman, ke-bangsaan dan ke-mahasiswaan. Kemudian dari visi dan misi tersebut ditujukan kepada (apa yang menjadi tujuan HMI) yakni, Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhloi Allah SWT. Supaya terbentuk kader muslim intelektual profesional dan Insan Cita, seperti apa yang dikonsepkan dalam pedoman pengkaderan HMI sebagai institusi lokal, untuk bisa menerjemahkannya, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim melakukan pendekatan yang bersifat transformatif dan kultural, baik demi pengkaderan di tubuh HMI sendiri maupn demi perjuangan kearah perbaikan dan perubahan.
HMI adalah organisasi yang independen, tidak terikat oleh pihak manapun, apapun,dan siapapun hubungan yang selama ini terjalin adalah bersifat strategic dan relationship.
Strategic berarti; hubungan tersebut memang dibentuk demi kebutuhan yang mengarah kepada visi, misi, dan tujuan organisasi. Sedangkan relationship berarti; hubungan tersebut berbentuk kerjasama dalam rangka mewujudkan sesuatu yang menjadi kebutuhan bersama, terutama untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat. Dari enam jurusan yang ada di kampus STAIN Surakarta, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim menaungi mahasiswa dari tiga jurusan yakni Tarbiyah (PAI/PBA), Sastra Inggris dan Ushuluddin (TH/AF). Adapun tiga jurusan lainnya seperti Syari’ah (AS/MU), Da’wah (KPI/BPI), dan Ekonomi Islam dinaungi oleh Komisariat Walisongo.
Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim kini telah memiliki anggota sebanyak orang yang terdiri dari tiga jurusan tersebut. Aktivitas para kader HMI cukup dinamis, yang bisa dilihat dari beberapa faktor:
Pertama, produktivitas kerja di HMI sendiri, baik itu di Komisariat maupun di lembaga/badan yang terdapat ditubuh HMI.
Kedua, Kratifitas kerja di kampus, dimana para kader telah banyak mewarnai dinamika kemahasiswaan, baik yang berada di UKM-UKM maupun badan kemahasiswaan.
Ketiga, kiprahnya dalam lonteks wacana keilmuan di dalam berbagai lembaga, kelompok setudy ataupun forum-forum kritis/intelektual lainnya.
Dalam proses kaderisasi internal HMI sangat beragam dan suasana interaksi yang plural,sehingga kader mampu dalam mewarnai berbagai wacana dan dinamika ke-Islaman, ke-Indonesiaan serta ke-mahasiswaan dengan didasari rasionalisasi selaras dengan subyek, obyek dan waktu.
Guna menunjang operasional kerja organisasi, HMI mendapat bantuan dari:
  1. Person anggota HMI, maksudnya adalah bahwa bantuan operasional tersebut dikeluarkan oleh person anggota Himpunan mahasiswa Islam dengan tanpa meminta dari anggaran organisasi.
  2. Iuran tetap Anggota HMI, maksudnya iuran tersebut besarnya ditetapkan oleh pengurus organisai (HMI) dan ditarik secara rutin oleh pengurus HMI dari para anggota guna memenuhi kebutuhan organisasi.
  3. Bantuan dari alumni HMI, maksudnya bantuan dari mereka yang dahulunya pernah menjadi anggota HMI guna kelancaran kerja-kerja organisasi.
  4. Bantuan dari simpatisan HMI, maksudnya mereka yang peduli terhadap HMI berikut kegiatannya, memberikan sumbangsih kepada HMI secara ikhlas dan tanpa kompensasi yang bersifat mengikat maupun yang mempengaruhi terhadap independensi organisasi.
  5. Bantuan dari institusi, lembaga, badan manapun (pemerintah atau non-pemerintah) yang mendukung berbagai kegiatan organisasi dan tidak mengikat serta mempengaruhi independensi organisasi.
Anggota Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al Hakim adalah mahasiswa yang telah mengikuti Latihan Kader (LK) yang diadakan oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam. Sejarah singkat dari Himpunan Mahasiswa Islam HMI Cabang Sukoharjo Komisariat Luqman Al-Hakim STAIN Surakarta (sekarang IAIN Surakarta).

Billahitaufiq wal hidayah.


Artikel Terkait LAH:

2 comments:

  1. kok ga da yang buka blognya ya.... bang blognya dipromosikan dung ma teman2 biar lebih ramai n seru

    ReplyDelete
  2. yach biarpun gak pada buka, tapi yang penting pada berkunjung dan berkenan membaca + meninggalkan tulisan di kotak koment. yacah yar menyebar dibagi2 za, biar rata. heeee

    ReplyDelete

Salam Ukhuwah, setelah baca tulisan Insan Cita Kom. LAH jangan lupa tinggal jejak dengan berkomentar di bawah ini yah kawan. YAKISA, Yakin Usaha Sampai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...